Dukung Pelestarian Aset Budaya, Amman Mineral Bantu Perbaikan Jaringan Instalasi Listrik Istana dalam Loka Sumbawa

    Dukung Pelestarian Aset Budaya, Amman Mineral Bantu Perbaikan Jaringan Instalasi Listrik Istana dalam Loka Sumbawa

    SUMBAWA. - PT Amman Mineral Nusatenggara (AMNT) memberikan bantuan untuk perbaikan jaringan instalasi listrik Istana Dalam Loka Sumbawa yang diserahkan langsung kepada Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Kab.Sumbawa Sutan Syahril S.Sos beberapa waktu lalu. 

    "Bantuan dana dari PT Amman Mineral Nusatenggara telah diperuntukkan untuk perbaikan jaringan instalasi listrik Istana Dalam Loka. Mengingat struktur bangunan yang dari kayu, maka perlu sangat di perhatikan supaya terhindar dari hal - hal yang tidak di inginkan, " jelas Sutan di Sumbawa Besar, Jumat (27/1/2023). 

    Ditegaskan, berdasarkan Undang - Undang Cagar Budaya No.11 tahun 2010 bahwa Cagar Budaya berupa benda, bangunan, struktur, situs, dan kawasan perlu dikelola oleh pemerintah dan pemerintah daerah dengan meningkatkan peran serta masyarakat untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan cagar budaya.

    Dalam Hal ini salah satu situs yang di duga Cagar Budaya masih dalam tahap pengkajian oleh tim ahli cagar budaya (TACB) Kabupaten Sumbawa telah mendapat Bantuan dana dari PT Amman Mineral Nusatenggara.

    "Bangunan Istana Dalam Loka merupakan bangunan yang memiliki nilai - nilai budaya peninggalan masa kesultanan Sumbawa yang menjadi iconik dan kebanggaan tau dan tana samawa.maka sangat perlu di jaga dan di lestarikan, " jelasnya.

    Dijelaskan ada lima panel yang telah di pasang di area istana dalam loka berfungsi untuk mendistribusikan, memutuskan dan mensuplai aliran ke dalam istana dan area istana pada saat istana di manfaatkan dan tahap selanjutnya untuk penerangan istana pada malam hari akan di gunakan lampu charger.

    "Sekarang sistemnya kabel - kabel ini kita pasang lewat bawah tanah, tidak ada lagi saklar listrik yang nempel di tiang, semuanya kita pusatkan di bawah, " lanjutnya seraya menjelaskan jika semuanya sudah tertata dengan baik, InsyaAllah akan sangat mudah di pantau oleh petugas.

    Sutan mengucapkan terima kasih atas support Amman Mineral dalam melindungi situs cagar budaya Sumbawa ini, "kami mengucapkan terimakasih kepada PT. AMMAN yang telah membantu dan turut serta dalam rangka melindungi salah satu situs cagar budaya di daerah ini, " tutupnya. (**)

    sumbawa
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Wujud Empati Terhadap Warga Binaan, Bhabinkamtibmas...

    Artikel Berikutnya

    Bhabinkamtibmas Polsek Labangka Bantu Warganya...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Wilson Lalengke:  Disomasi Hendry Bangun, Dewan Kehormatan PWI Semakin Tidak Terhormat
    Sebut Penggelapan Dana Bantuan BUMN Rp. 2,9 Milyar Fitnah dan Plintiran, Jusuf Rizal Tertawakan Hendry Ch Bangun
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Sosialisasi Perizinan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi
    Ultah Ketiga, KoReAn Gelar Silaturahmi Nasional dan Tegaskan Keotonomian Simpul Relawan

    Ikuti Kami